Previous Entry Share Next Entry
Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di Bandung
meeee4
Beberapa minggu yang lalu saya dapat panggilan tes di sebuah perusahaan BUMN,
nah, di surat panggilannya ditulis salah satu dokumen yang wajib dibawa adalah SKBN,
setelah googling dan membaca postingan di beberapa blog ternyata SKBN itu Surat Keterangan Bebas Narkoba (awalnya saya kira SKBN itu Surat Keterangan Belum Menikah) dan dari postingan2 tersebut saya juga dapat beberapa info tentang pembuatan SKBN di kota Bandung.

Option yang bisa saya pilih adalah membuat SKBN di Polres yg deket BIP (lupa nama jalannya), Dinkes yang dekat Pusdai atau di RSHS.

Berhubung saya tinggalnya di daerah Bandung Utara maka saya memilih RSHS untuk membuat SKBN.
Saya datang ke RSHS jam 10 pagi dan masuk melalui daerah UGD,
setelah tanya-tanya ke Pak Satpam, Bagian Medical Check-Up (MCU) dan Bagian Informasi ternyata saya harus daftar dulu, tepat pendaftarannya lebih dekat kalau masuk lewat pintu samping (yang deketnya Biofarma).
Setelah mendaftar dan membayar habis itu balik lagi ke MCU ngasih dokumen pendaftaran.
Setelah ngasih dokumen pendaftaran saya disuruh ibu petugas MCU lanjut ke bagian Lab Patologi untuk tes Narkoba, ternyata eh ternyata urusan administrasinya masih panjang, sebelum di tes urin harus daftar dulu di bagian administrasinya Lab Patologi & habis itu bayar lagi untuk tes Narkobanya. Setelah tes narkoba disuruh balik lagi ke Loket 6 (kalo gak salah inget) jam 13.30 untuk ngambil hasil tesnya.
Setelah itu jam 13.30 saya pun ngambil hasil tes saya, lalu si surat hasil tesnya saya fotokopi 1 kali (disuruh petugas MCUnya) dan hasilnya diserahkan ke petugas MCU. Setelah itu tunggu sebentar untuk wawancara & diberi penjelasan hasil tes oleh psikiater.
Nah, kata psikiater yang ngewawancara saya si SKBNnya ternyata baru bisa diambil besokannya karena si SKBN tsb harus ditanda tangani dulu oleh dokter ketuanya, saya pun bilang ke psikiaternya kalo SKBN tsb saya butuhkan untuk tes seleksi besok pagi, eh, bu psikiaternya langsung nelpon asisten ketua bagiannya untuk nanyain SKBNnya bisa gak dittd hari itu juga dan Alhamdulillah ternyata bisa (thx a lot Doc!).
Dan sore itupun SKBN saya sudah jadi.
Total biaya yang saya keluarkan untuk bikin SKBN & Surat Keterangan Sehat di RSHS Rp 270.000 (hikshiks ongkos untuk cari kerja ternyata gak murah ya).
Yang bikin mahal dari bikin SKBN di RSHS mungkin karena ada proses wawancara dgn psikiater, waktu tes rekrutmen besokannya saya tanya2 ke peserta yg lain ternyata bikin SKBN di Dinkes jauh lebih murah.
Lesson learned dari bikin SKBN ini: lain kali kalau butuh SKBN atau Surat Keterangan Sehat lebih baik bikin di Dinkes & Puskesmas saja biar lebih hemat
Tags: ,

?

Log in